Definisi Sikap Konsumen
Sikap merupakan
kecenderungan yang dipelajari, ini berarti bahwa sikap yang berkaitan dengan
perilaku membeli terbentuk sebagai hasil dari pengalaman langsung mengenai
produk, informasi secara lisan yang diperoleh dari orang lain atau terpapar
oleh iklan di media masa, internet dan berbagai bentuk pemasaran langsung.
Sikap mungkin dihasilkan dari perilaku tetapi sikap tidak sama dengan perilaku.
Sikap dapat mendorong konsumen kearah perilaku tertentu atau menarik konsumen
dari perilaku tertentu.
Menurut Gordon Allpor
dalam Hartono Sastro wijoyo(2005), Sikap adalah Mempelajari kecenderungan
memberikan tanggapan pada suatu obyek baik disenangi maupun tidak disenangi
secara konsisten.
Karakteristik sikap
antara lain :
1.
Sikap memiliki objek
Di dalam konteks
pemasaran, sikap konsumen harus terkait dengan objek, objek tersebut bisa
terkait dengan berbagai konsep konsumsi dan pemasaran seperti produk, merek,
iklan, harga, kemasan, penggunaan, media dan sebagainya.
1.
Konsistensi sikap
Sikap adalah gambaran
perasaan dari seorang konsumen, dan perasaan tersebut akan direfleksikan oleh
perilakunya. Karena itu sikap memiliki konsistensi dengan perilaku. Tetapi,
walaupun mempunyai konsistensi, sikap tidak selalu harus permanen artinya sikap
dapat berubah.
1.
Sikap bisa positif, negatif, dan netral.
2.
Intensitas sikap
Sikap seorang konsumen
terhadap suatu merek produk akan bervariasi tingkatannya, ada yang sangat
menyukainya atau bahkan ada yang begitu sangat tidak menukainya. Ketika
konsumen menyatakan derajat tingkat kesukaan terhadap suatu produk, maka ia
mengungkapkan intensitas sikapnya.
1.
Resistensi sikap
Adalah seberapa besar
sikap seorang konsumen bisa berubah.
1.
Persistensi sikap
Persistensi adalah
karakteristik sikap yang menggambarkan bahwa sikap akan berubah karena
berlalunya waktu
1.
Keyakinan sikap
Keyakinan adalah
kepercayaan konsumen mengenai kebenaran sikap yang dimilikinya
1.
Sikap dan situasi
Situasi akan
mempengaruhi sikap konsumen terhadap suatu objek. Situasi tertentu dapat
menyebabkan para konsumen berperilaku dengan cara yang kelihatannya tidak
konsisten dengan sikap mereka.
Fungsi-fungsi
Sikap
Daniel Kazt
mengklasifikasikan empat fungsi sikap yaitu :
1.
Fungsi Utilitarian
Merupakan fungsi yang
berhubungan dengan prinsip-prinsip dasar imbalan dan hukuman. Disini konsumen
mengembangkan beberapa sikap terhadap produk atas dasar apakah suatu produk
memberikan kepuasan atau kekecewaan. Jika seseorang menyukai suatu produk apakah
dia akan mengembangkan sebuah sikap positif terhadap produk tersebut.
2.
Fungsi Ekspresi Nilai
Konsumen mengembangkan
sikap terhadap suatu produk bukan didasarkan atas manfaat produk itu, tetapi
lebih didasarkan atas kemampuan merek produk itu mengekspresikan nilai-nilai
yang ada pada dirinya.
3.
Fungsi Mempertahankan Ego
Sikap yang
dikembangkan oleh konsumen cenderung untuk melindunginya dari tantangan
eksternal maupun perasaan internal, sehingga membentuk fungsi mempertahankan
ego.
4.
Fungsi Pengetahuan
Melalui sikap yang
ditunjukkan akan dapat diketahui bahwa dirinya memiliki pengetahuan yang cukup,
yang banyak atau tidak tahu sama sekali mengenai objek sikap. Fungsi
pengetahuan dapat membantu konsumen mengurangi ketidakpastian dan kebingungan
dalam memilah-milah informasi yang relevan dan tidak relevan dengan
kebutuhannya.
http://nirawarna.wordpress.com/2011/07/04/faktor-sikap-dalam-perilaku-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar