Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara pembeli di pasar.
Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar Dalam penetapan
segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya
yaitu:
Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar
konsumen:
<!--[if !supportLists]-->a.
<!--[endif]-->Variabel
geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan
iklim.
<!--[if !supportLists]-->b.
<!--[endif]-->Variabel
demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan,
dll
<!--[if !supportLists]-->c.
<!--[endif]-->Variabel
psikologis, diantaranya :kelas sosial, gaya hidup, dan
kepribadian.
<!--[if !supportLists]-->d.
<!--[endif]-->Variabel
perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat
pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada
produk.
Dasar – dasar segmentasi pada pasar industri
<!--[if !supportLists]-->a.
<!--[endif]-->Tahap
1: menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan
banyaknya langganan.
<!--[if !supportLists]-->b.
<!--[endif]-->Tahap
2: yaitu sikap terhadap penjual, ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan
pelanggan.
Syarat segmentasi Pasar Ada beberapa syarat segmentasi yang
efektif yaitu :
<!--[if !supportLists]-->a)
<!--[endif]-->Dapat
diukur
<!--[if !supportLists]-->b)
<!--[endif]-->Dapat
dicapai
<!--[if !supportLists]-->c)
<!--[endif]-->Cukup
besar atau cukup menguntungkan
<!--[if !supportLists]-->d)
<!--[endif]-->Dapat
dibedakan
<!--[if !supportLists]-->e)
<!--[endif]-->Dapat
dilaksanakan
Tingkat Segmentasi Pasar Karena pembelian mempunyai kebutuhan
dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah.
Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang
berbeda.
<!--[if !supportLists]-->ü
<!--[endif]-->Pemasaran
massal Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan
promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh
konsumen.
<!--[if !supportLists]-->ü
<!--[endif]-->Pemasaran
segmen Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan,
persepsi, dan perilaku pembelian.
<!--[if !supportLists]-->ü
<!--[endif]-->Pemasaran
ceruk Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam
segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih
sempit.
<!--[if !supportLists]-->ü
<!--[endif]-->Pemasaran
mikro Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan
citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah
pemasaran lokal dan pemasaran individu.
Manfaat Segmentasi Pasar Sedangakan manfaat dari segmentasi
pasar adalah:
<!--[if !supportLists]-->1.
<!--[endif]-->Penjual
atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-
kesempatan pemasaran.
<!--[if !supportLists]-->2.
<!--[endif]-->Penjual
atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang
berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada
berbagai segmen.
<!--[if !supportLists]-->3.
<!--[endif]-->Penjual
atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik
pemasarannya
sumber
:
http://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar